NKL yang ada di indomaret - CERITA IBNU

Sunday 26 March 2017

NKL yang ada di indomaret

NKL itu apa?

Pada postingan saya kali ini masih membahas tentang apa yang berhubungan dengan indomaret. Dimana indomaret sangatlah tidak asing dengan yang namanya NKL. Namun sebenarnya bukan hanya indomaret yang menekankan NKL, bahkan semua toko atau apapun itu yang berhubungan dengan jual beli pasti sangatlah memprhatikan yang namanya NKL. Indomaret menyebutnya NKL, lain halnya dengan toko sebelah yang menyebutnya itu NBH.
Pada dasarnya NKL dan NBH itu mengandung arti yang sama, yakni sama-sama berhubungan dengan barang jual. Nah, jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu NKL? Sekaligus penyebabnya.


Sebelum saya menuliskan atau memposting tentang NKL ini, saya terlebih dahulu melakukan percakapan di group keluh kesah karyawan indomaret di facebook. Di bawah ini beberapa komentar dari mereka ketika ditanya tentang NKL:

Hei guys! Menurut kalian, NKL itu apa…?
   Koment: NKL, Nah Kena Loe X
    NKL, Nah Kapok Loe X
    NKL, Nah Kere Loe X
    NKL, Nota Kurang Lebih
    NKL, Nyabun Kan Loe X
    NKL, Nangis Kan Loe X
Dan masih banyak lagi beberapa komentar-komentar yang aneh. Dari banyaknya jawaban sekaligus curhatan dari para karyawan dan mantan karyawan Indomaret di group tersebut, jawaban paling tepatnya yaitu ‘Nota Kurang Lebih’. Yang artinya, nota atau keterangan yang ada pada hasil dari penjualan. dan kalau NBH artinya ‘Nota Barang Hilang’.
Jadi, NKL inilah yang  mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dari suatu perusahaan. Maka dari itu, perusahaan sangatlah memperhatikan betul dengan NKL-nya. Itulah penyebab mengapa para karyawan yang di tempatkan atau yang berhubungan langsung dengan barang jualan, di tuntut untuk benar-benar menjaganya dengan sangat hati-hati. Dan jika ada barang yang hilang dengan alasan di curi atau semacamnya, perusahaan tidak mau tahu siapa, dan dengan cara apa barang itu bisa hilang. Yang terpenting, barang jualannya harus segera di ganti dengan cara memotong gaji karyawannya. Jika karyawan tidak mau gajinya di potong terus-menurus, dia harus cari tahu bagaimana barang jualannya bisa minus.

Cara terbaik untuk menjaga NKL itu, harus tercipta visi-misi yang kompak antar team kerja. Mulai dari atasan sampai bawahan. Karena kalau salah satu dari mereka sudah terkena virus TIKUS GOT (rakus dan tidak jujur), maka imbasnya bisa ke semua team. Dari mulai kerugian materil bahkan sampai kerugian immateril.
Sama halnya dengan kejadian atau sistim kerja di indomaret. Jika ada barang hilang, yang sering di salahkan pasti karyawan tokonya. Baik pramuniaga, kasir, sampai kepala toko. Padahal yang menjadi penyebab hilang atau rusaknya barang, tidak selalu karena ulah karyawan toko. Bagaimana dengan Driver? bisa juga toh! atau selaku pengecek barang? Team pengiriman barang? Team audit? Mereka  semua juga berhubungan dengan barang-barang. Namun yang harus mengganti kerugian perusahaan malah karyawan toko. Inilah yang sering di pertanyakan dan uneg-uneg yang ada pada karyawan-karyawan toko. 
(-_-) => “ Aku sudah kerja dengan jujur dan iklas! Mengikuti prosedur yang di buat perusahaan. Setiap datang dan pulang kerja, aku selalu di periksa terlebih dahulu. Mulai dari tas, seluruh tubuh, sampai cek pulsa handpone. Anehnya, setiap bulan di tokoku sering kehilangan minyak yang 2 kiloan, gula yang 1 kiloan, bahkan beras yang 5 kiloan itu juga hilang! Dengan total kehilangan yang gak nanggung-nanggung, bisa 5 Boks minyak hilang, gula sampai 25kg, beras bisa 10kg. Waktu  CCTV  di putar, tidak ada tuh tanda-tanda orang (costumer) yang mencurigakan. Logikanya, barang-barang yang hilang tersebut berat dan besar-besar, otomatis agak susah bawanya. Lalu siapa pencuri sebenarnya? benarkah komputer pelakunya? Yang jelas, setiap tanggal 25 gajiku gak pernah utuh.” Gerutu karyawan toko. Go to Enak dan tidaknya kerja di indomaret

Pemotongan gaji karyawan dilakukan dengan alasan untuk mengurangi beban defisit perusahaan yang dikarenakan minesnya stok barang pada tiap bulan. Bagi karyawan yang baru beberapa bulan bekerja memang tidak tersadar dan menyepelehkan pemotongan gaji tersebut. Ya, memang kecil sih angkanya! Dengan perhitungan: jumlah NKL di bagi sekian bulan (sesuai besarnya NKL dan kebijakan perusaan), hasilnya dibagi dengan banyaknya karyawan. Misalnya, jika NKL tahun ini Rp1.000,000 maka:
Rp1.000,000 : 5 bulan = Rp200,000
Rp200,000 : 8 karyawan = Rp25,000

Jadi, masing-masing karyawan setiap bulannya selama lima kali cicilan, harus membayar NKL kurang lebihRp25,000 sesuai jabatannya. Diatas contoh kecil dengan angka yang juga tidak terlalu terbilang besar, namun tidang menuntut kemungkinan jumlah NKL di tahun selanjutnya bisa semakin besar. Karena bisa jadi NKL di tahun ini belum selesai terlunasi, kemudian datang NKL baru dengan jumlah yang lebih besar atau lebih kecil. Jadi, secara sadar atau tidak sadar, karyawan toko itu setiap bulannya harus membayar hutang yang tidak tahu kapan lunasnya.
Hal itu yang sering  menyebabkan para pegawai toko memilih untuk tidak bertahan, yang akhirnya berhenti dari kontrak perusahaan. Padahal menurut sebagian orang, kerja di indomaret itu enak loh! Menurut mereka yang belum membaca blog saya ini. Sebagaimana pada postingan saya sebelumnya: Alasan Karyawan indomaret Berhenti.

Baiklah, itu saja Cerita ibnu kali ini yang bisa saya share pada kawan-kawan semua. Jangan lupa like and Commend pengalaman anda ketika bekerja atau berbelanja di indomaret. Thank’s and see you...!!


7 comments:

  1. Per orangan masih dibawah ratusan ribu, kerja di Fashion bisa ratusan ribu per orang..

    ReplyDelete
  2. Kenapa gak lapor ke ic aja,minta diperiksakan biar tau dimana kesalahan nya

    ReplyDelete
  3. Kalau 25rb perorang itumah masih terbilang wajar, yang ga wajar justru ada yang 500rb sampai 1jt perorang gimana mau nyaman dan betah kalau setiap mau gajian di bayang-bayangi potongan gaji

    ReplyDelete
  4. Apa ada penggantian nkl secara manual di werehous

    ReplyDelete
  5. Malah 2 juta per orang😭

    ReplyDelete
  6. Cara resignnya gimana kak?kena denda kah?

    ReplyDelete
  7. toko petray pen jadi toko dengan nkl terbesar 1 cabang bogor 2 dengan nkl hinggal 21jt kurun waktu 1 bulan

    ReplyDelete