ENAK DAN TIDAKNYA KASIR INDOMARET - CERITA IBNU

Monday 25 January 2016

ENAK DAN TIDAKNYA KASIR INDOMARET

ENAK DAN TIDAKNYA KASIR INDOMARET

Baiklah teman-teman, kalau sebelumnya saya menuliskan bagaiman ENAK DAN TIDAKNYA KERJA DI INDOMARET, Sekarang saya akan membahas sedikit saja bagaimana menjadi kasir di indomaret.
Pada umumnya kasir-kasir yang ada di indomaret terkenal dengan orangnya yang cantik-cantik dan ramah pula. Jelas. Meski bukan suatu keharusan, namun cantik merupakan salah satu nilai plus yang harus dimiliki oleh para pelamar di Indomaret.
Kenapa harus cantik dan ramah?
Tidak lain yakni untuk menarik perhatian pelanggan. Bisa anda rasakan sendiri bagaimana jika anda sedang membeli sesuatu, entah itu di indomaret atau toko-toko lainnya, yang kebetulan kasirnya juga perempuan. Dan ia melayani anda dengan sikap apatis serta muka kusamnya yang  tanpa polesan make up dan hanya dihiasi oleh bintikan jerawatnya yang tidak terhitung. Lalu, apakah anda akan belanja di toko itu lagi dan menjadi pelanggan setianya? Saya rasa jawaban anda sama dengan saya.
            Karena alasan itu lah mengapa indomaret menuntut karyawan-karyawan perempuannya untuk berpenampilan menarik, cantik dan penuh ramah.  Jika anda sudah melamar di PT. Indomarco Prismatama dan telah diterima untuk segera bergabung bersamanya. Disana anda akan di ajarkan ketigahal tersebut dalam bentuk training yang di lakukan oleh pihak perusahaan kurang lebih 15 hari. Baca juga Syarat Melamar Kerja di  Indomaret.

 Lalu, pekerjaan seperti apa setelah kita diterima menjadi kasir Indomaret? Dan benarkah ada keuntungan serta resiko yang diperoleh ketika menjadi kasir?
Setelah anda bergabung menjadi bagian dari Indomaret dan segera memulai pekerjaan sesuai jabatan yang kita bahas dari tadi. Yang anda lakukan pertamakali selain mengisi buku absensi dan cek barang bawaan/cek bodi, yakni memulai SOP yang salah satunya menyanyikan Mars Indomaret (wajib). SOP selesai, selanjutnya anda harus membersihkan area kasiran dan menghitung uang kas. Ketika toko sudah dibuka, itu artinya semua persiapan penjualan telah siap, dan pekerjaan utama anda segera dimulai dengan melayani transaksi jual beli antar kasir dan customer.
Menjadi kasir itu sebenarnya terlalu banyak resikonya dari pada keuntungan yang didapat. Itu kenapa saya sarankan bahwa, jika anda ingin menjadi kasir atau baru saja diterima menjadi kasir indomaret, harus sangat hati-hati dan teliti dengan uang maupun komputer yang anda pakai. Karena apa? Untuk mengurangi kesalahan ketika transaksi maupun input uang. Menjadi kasir juga harus hafal tentang promo-promo yang sedang berlaku. Apalagi Minimarket seperti Indomaret, yang tidak asing dengan barang-barang promo yang cukup banyak dan gonta-ganti setiap bulannya. Jangankan bulan, bahkan setiap 3 hari sekali bisa ganti. 
Seorang kasir memang harus lebih hafal dan mengerti akan promo yang sedang berlaku. Karna Ialah yang bertatap langsung dengan pembeli promo-promo tersebut. promo yang sangat tidak asing lagi yaitu minuman atau makanan yang berketerangan beli 2 gratis 1. Keterangan tersebut pasti banyak menarik calon pembeli. Kebanyakan mereka yang sudah membaca keterangannya dan tertarik untuk membeli, biasanya akan langsung mengambil 2+1 barang gratisannya. Jadi customer akan membawa 3 barang ke tempat kasiran. Nah, jika seorang kasir tidak tau akan promo tersebut otomatis Ia akan scan ketiga-tiganya. Dan otomatis customer mendapat 4 barang dan harus menambah rupiahnya. Sebenarnya bisa sih untuk di cancel, tapi harus meminta tolong kepada pemegang shift. “Ribet deh kalau kasir gak tau semua promonya”. 
Yang namanya menjadi kasir itu harus kuat mentalnya, karna makanan sehari-harinya adalah di komplen customer. Ada yang komplen dengan cara halus tapi tetap menyakitkan hati, ada yang sambil teriak-teriak dan ada pula yang sambil mengacak-ngacak barang toko. Pernah kejadian disalah satu toko Indomaret Cabang Bali, kasirnya sampai dilempar rokok oleh customer gara-gara ia tidak bisa menukar rokoknya, untungnya Mbak kasir itu sempat menghindar, jadi rokok yang dilempar tidak mengenai wajahnya.

Bagaimana menurut Anda Jika seperti itu? lalu sikap yang dilakukan seorang kasir harus seperti apa jika ada komplen dari customer?
Tentu kasir harus menjawab dan jelaskan secara ramah jika kesalahan itu dari customer dan jawab pula dengan senyum dan permohonan maaf jika kesalahan memang dari kasir. Serukan menjadi kasir itu!
Dan yang perlu anda ketahui juga tentang pemajangan rokok. Rokok pasti di display tepat dibelakang kasir. Selain untuk penjagaan langsung terhadap rokok itu sendiri, juga untuk mempermudah kasir untuk mengambilnya. Permasalahannya adalah ketika saat pergantian shift dan kasir yang ada shift dua menemukan barang rokok ada yang hilang, maka kasir yang ada di shift 1 wajib menggantinya. “Nah loh suruh ganti barang kan.” Penyebab hilangnya rokok juga bermacam-macam, yang salah duanya itu bisa karna kurang teliti saat pengecekan barang, atau bisa juga barang yang di beli belum masuk komputer karna belum di scan.
Yang terakhir penutupan shift ketika kasir akan segera pulang. Pada penutupan shift inilah penentuan seorang kasir bisa untung atau malah akan buntung. Perihalnya adalah kecocokan dari uang pendapatan ngasir dengan data pendapatan yang ada di komputer. Jika jumlah uang dengan data komputer sama berarti Si kasir aman. Namun jika berbeda, baik minus (kurang) atau varian (lebih), kasir wajib menemblongi kekuran yang ada. Jika hanya Rp.100 sampai Rp.1000 memang tidak terasa, namun jika setiap hari? Dan tidak menuntut kemungkinan jumlahnya bisa lebih besar dengan jumlah nol yang terus bergelindingan. itu semua jika uang minus. Apabila varian  kasir juga harus bayar? Kok bisa? 
Benar! Memang harus bayar, tergantung permasalah varian-nya karna apa.
Bisa karena kesalahan ketika tukar uang dengan pemegang shift, kelebihan setoran kas kasir, salah input uang, manualan dan lain sebagainya. Begitulah resiko yang didapatkan oleh seorang kasir. Setiap hari berhadapan dengan mata uang.
Lalu jika kita berbicara tentang kelebihan menjadi kasir dibandingkan dengan rekan kerja seperti Pramuniaga yaitu;
-         Sama-sama belum menjadi karyawan tetap, namun gajinya lebih besar dari PM.
-         Lebih dikenal dan dekat dengan customer.
-         Bisa mendapat hadiah customer yang tidak di ambil.
-         Dan tidak jarang bisa mendapat uang kembalian yang tidak di ambil oleh customer. Kurang lebihnya seperti itu.

Saran saya, jika Anda berniat menjadi kasir atau Anda memanglah seorang kasir. Bekerjalah dengan penuh teliti dan hati-hati. Semua pekerjaan pasti ada resikonya masing-masing, namun dengan berhati-hati setidaknya kita bisa meminimalisir resiko yang kita dapat. 

Artikel ini di buat bukan untuk menyudutkan suatu pihak manapun. Melainkan bertujuan untuk saling mengshare pengalman dari Si penulis.


            Terimakasih sang penikmat baca, sertakan komen di bawah. Apa yang bisa Anda share  kepada saya. Dan ikuti terus Cerita ibnu terupadate-nya. See you...















33 comments:

  1. padahal aku pngen banget kerja di indomart eh pas tau gitu yaa 😂

    ReplyDelete
  2. Jdi ragu pdahal aq mau ngelamar

    ReplyDelete
  3. Jdi ragu pdahal aq mau ngelamar

    ReplyDelete
  4. kerja apapun dan dimanapun pasti ada enak dan tidaknya. dengan resiko yang beda-beda pula. hhh

    ReplyDelete
  5. memang kalau mau kerja di kasir indomaret gimana cara melamarnya kk...?"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aja laman resmi PT. Indomarco prismatama ato ngga liat di ig. Ada tuh lokernya

      Delete
  6. Baca di artikel saya yang "Syarat melamar kerja di indomaret" link ada di atas dengan teks bergaris bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak kerja di indomaret di tahan ijazah asli ga tahun ini?

      Delete
  7. Mas, Mau tanya dong sebelum kk sya masukin lamaran.. untuk status bercerai kira2 bisa gak ya di terima?

    ReplyDelete
  8. "Dan tidak jarang bisa mendapat uang kembalian yang tidak di ambil oleh customer."

    ReplyDelete
  9. Maaf nih gan, mau nanya.. Kan ijazah blum keluar nih, kalo ngelamar ke indomaret bisa ngga pake surat ket.lulus sama skhun smntara ?
    Mksih gan.

    ReplyDelete
  10. Kerja di indomaret makin rumit+ketat aturan main nya guys.
    Makin makin menyiksa ��

    ReplyDelete
  11. Udah tamat tahun lalu tapi ijazanya blm diambil. Kalo cuma bawa skhun bisa ga?

    ReplyDelete
  12. Bawa surat dri kepolisian itu wajib ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tim penilai di kotamu. Kalau saya dulu tanpa SKCK bisa masuk nih!

      Delete
  13. Mau tanya kak, aku besok hari senin ( 17 juli 2017) kan mau training indomaret di semarang, nah itu kan persyaratannya harus bawa fc ijasah legalisir sama npwp,, klo gk bawa npwp ( gra2 blm cukup umur buat bikin, soalnya aku bru 17th) trs blm ngambil ijasah itu boleh ikut training nggak ya ? Mohon dijawab kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya nih ya! Surat2 itu cukup penting untuk perusahaan pengenai identitasmu. Sesuai yang saya jelaskan di email kamu. Bisa masuk karna 2 hal itu. Segera melengkapinya atau masuk karna ada orang dalam.

      Delete
    2. ko 17th bisa masuk yahh? kebanyakan diperusahaan tidak mau memperkerjakan dibawah umr 18th..

      Delete
  14. Resiko jadi kasir emang gitu.. Udah 6 tahun ngerasain suka duka jadi kasir 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah! Lama juga itu. Ngasirin berapa toko klau smpe 6 th lmanya? 😅😃

      Delete
  15. emang hampir semuanya gitu kasir mah diresto ataupun dimana aja, salah kembalian yang dicustomer lebih yah kita minus ntar closingannya/pas ganti shift. Aku juga pernah ngga masukin kode promonya, tp ketauannya pas tutup buku/abis masa berlaku promonya ujung"nya harus ganti😂

    ReplyDelete
  16. Pernah ngalamin semuanya kadaNg kalau Kita trs"an gnti uang mines kerja nya jadi Ngga semangat di tambah pimpinan shift nya jutek Trs kerja nya masing"an ajah.

    ReplyDelete
  17. Pernah ngalamin semuanya kadaNg kalau Kita trs"an gnti uang mines kerja nya jadi Ngga semangat di tambah pimpinan shift nya jutek Trs kerja nya masing"an ajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nglamar nih mbk.. Juni ini aku mash 17 juli baru 18 .kira" bisa ga ya

      Delete
  18. Ada sistem rolling berarti ya?

    ReplyDelete
  19. Salam dari kasir indomaret cabang bali, area bangli kak..

    ReplyDelete
  20. enjoy" aja rasanya 3th ini ngrasain kerja sbg kasir yaa walopun sebegitunya resiko jadi kasir,,yg penting bgaimana kita pandai"nya mensyukurinya ,insyaallah semua mnjadi serasa mudah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, untuk jadi kasirnya kira-kira kalau mggak ada costumer boleh dyduk nggak kitanya? Kerjanya berapa jam kak?

      Delete
  21. Tapi saya ttp happy ko walau sering kali ada varian 😁

    ReplyDelete
  22. Tapi saya ttp happy ko walau sering kali ada varian 😁

    ReplyDelete
  23. Tapi saya ttp happy ko walau sering kali ada varian 😁

    ReplyDelete