SYARAT MELAMAR KERJA DI INDOMARET - CERITA IBNU

Saturday 30 January 2016

SYARAT MELAMAR KERJA DI INDOMARET

     Berikut Persyaratan untuk masuk dan di terima Indomaret

   Indomaret itu minimarket tersukses yang ada di Indonesia. Walaupun terbilang minimarket dan bukan merupakan sebuah Mall gitu, namun toko ini tersebar luas hampir keseluruh pelosok Nusantara. Dan yang perlu Ente ketahui juga, sampai awal bulan 2016 pada waktu itu toko indomaret mencapai 12.100 toko Meeen. ”Buset dah banyak amat ya.” Di toko tempat Ane kerja aja 1 hari pendapatannya kurang lebih 40 juta, dan toko Ane bukan toko 24 jam loh, apa lagi yang 24 jam ya! Itu juga satu toko masih 12.099 lagi. buayangin cobak pendapatannya.


      Tapi ya temen-temen, di sini Ane bukan ingin membahas berapa banyak pendapatan dari toko-toko indomaret! melainkan Ane ingin berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara melamar kerja di Indomaret dan apa aja yang mesti Ente siapin. Khususnya bagi Ente yang berminat kerja di toko:


1. Bagi kasir (cewek)
⇰Pastikan bahwa Ente bener-bener cewek (bukan KW)
⇰Usia maksimal 23 tahun
⇰Minimal lulusan SMA sederajat
⇰Belum menikah
⇰Jujur
⇰Berpenampilan menarik dan
⇰Tinggi minimal 155cm.

2. Bagi Pramuniaga (cowok)
⇰Usia maksimal 24 th
⇰Minimal lulusan SMA sederajat
⇰Belum menikah
⇰Tidak bertato
⇰Sehat fisik
⇰Tinggi minimal 160cm.

3. Buat MD
⇰Cowok atau Cewek dan buat yang KW juga boleh
⇰Persyaratannya sama seperti kasir dan pramuniaga namun
⇰Minimal lulusan D1/D2/D3
⇰Bisa mengoprasikan Komputer.

Surat lamarannya bisa Ente taruh di toko-toko indomaret terdekat, atau Ente bisa juga langsung ke Kantor Cabangnya.

Untuk tahun ini Ente gak perlu khawatir sama ijazah asli Ente, beda dengan 3 tahun yang lalu, biasanya ijazah asli di tahan untuk jaminan, namun mulai tahun 2014 kemarin pihak indomaret udah nggak nyita ijazah asli lagi, cukup foto copy-nya aja. Dan fasilitas yang bisa Ente dapet jika udah keterima kerja disono diantaranya;


⇰Gaji sesuai UMK
⇰Tunjangan Hari Raya (THR)
⇰Lembur
⇰Jenjang karir
⇰Tunjangan BPJS kesehatan dan ketenaga kerjaan
⇰Kenaikan gaji berkala
⇰Dana pensiunan
⇰DLL
Demikian sedikit informasi dari Ane untuk Ente yang mungkin berminat kerja dan berkarir di Indomaret. Dan jangan lupa juga nih, baca ENAK DAN TIDAKNYA KERJA DI INDOMARET supaya Ente nggak nyesal setelah melamar  kerja di Indomaret. Untuk Ente yang cewek, yang ingin jadi kasir toko kudu baca juga ENAK DAN TIDAKNYA KASIR INDOMARET

Sekian argumen yang ingin Ane share ame temen-temen semuanye. Moga bermanfaat ye! Komen aje di bawah kalau ade yang mau Ente tanyain. Makasih dan sampai jumpe..

  

153 comments:

  1. Kalau sambil kuliah sore bisa gan jadi pamuniaga? Kalau bisa chat saya di line : budiman_seven thx

    ReplyDelete
  2. sepengalaman saya tidak bisa bung,, soalnya kan kerjanya sift-sift.an.. dalam artian tidak bisa sore atau pagi terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau masuk ke indomaret tes nya apa aja kak?

      Delete
  3. Gan, mohon mangap nih saya mau bertanya.
    Tempat kita kerja nanti seauai domisili ga yah ?

    ReplyDelete
  4. Nggak mesti brow,, sistim krjanya itu harus siap di tempatkan di mana saja...

    ReplyDelete
  5. broo. klo jadi kasir tpi jelek d trimanya brp % kmungkinan?

    ReplyDelete
  6. Haha... ada-ada saja, tidak ada orang jelek kalau sudah bermake up,, apa lagi untuk daerah cab.bali,, tidak ada persepsi jelek cantik, yang d utamakan skill,kejujuran dan kesungguhannya bekerja. Untuk di cab.lain kurang lebih samalah,, tergantung team penilainya jga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya nya buat pramuniaga tuh fisik diutamain nya bro

      Delete
    2. Nilai minimal untuk posisi tramuniaga dan crew store berapa ya gan?

      Delete
  7. Di indomaret jdi karyawan tetapnya harus megang jabatan apa ??
    Di situ perpanjang kontraknya gampang, apa langsung di cut jika habis ??

    ReplyDelete
  8. @unknown iya bro, sudah di siapkan selama training

    ReplyDelete
  9. @Rizal Ramadani untuk bisa jadi karyawan tetap min. Jabatan Merchandiser (MD) dan untuk karyawan yang masih belum tetap seperti kasir atau pramuniaga sudah habis masa kontraknya biasanya akan di perpanjang dulu sampai 2th, nah dan ketika masa perpanjangan kontrak, biasanya karyawan tersebut meminta untuk di naikkan jabatannya dan baru akan segera di proses oleh Spv

    ReplyDelete
  10. Terima kasih informasinya sangat membantu😊

    ReplyDelete
  11. Terima kasih informasinya sangat membantu😊

    ReplyDelete
  12. Klw umur 26 thn bisa ga gan jadi pramuniaga soal a saya juga pernah kuliah tapi putus di tengah jln

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Kak saya mau nanya kalo cwe yg dk berjilbab bisa masuk gak ya klo melamar di indomarrt

      Delete
  14. Bisa kok browz, gak perlu minder apa lagi takut cuman karna kamu yang pakai kacamata.
    Coba aja taruh lamarannya, masak belom coba udah takut gagal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes tinggi itu ngaruh atau enggak?

      Delete
    2. Mas, saya pgn jdi kasir di idm, tapi saya kacamataan, emang bisa ?

      Delete
  15. Kak ..sya sdah punya ktp.. Tpi umur belum 18 ..kira" bisa diterima gak ya

    ReplyDelete
  16. Mau nanya brow, saya baru saja keluar dari yomart karena saya engga memperpanjang kontraknya, kalau melamar ke indomaret bisa ga yah,kan saya dulu kerja di yomart takut ga di terima hehe

    ReplyDelete
  17. Bisa ko saya ajh dulu masuk ke yomart berkacamata juga gpp, terus umur saya pas masuk ke yomart umur 17 tp udh punya ktp tetep di terima ko

    ReplyDelete
  18. Kalo sudah menikah ga bisa ya??

    ReplyDelete
  19. Mas mbak kalau mau tes kkerja di indomaret itu pakaian harus hitam putih, Batik, atau bebas rapi??

    ReplyDelete
  20. Mas mbak kalau mau tes kkerja di indomaret itu pakaian harus hitam putih, Batik, atau bebas rapi??

    ReplyDelete
  21. Mas mbak kalau mau tes kkerja di indomaret itu pakaian harus hitam putih, Batik, atau bebas rapi??

    ReplyDelete
  22. Mas mbak kalau mau tes kkerja di indomaret itu pakaian harus hitam putih, Batik, atau bebas rapi??

    ReplyDelete
  23. Teruntuk yang belum menikah saja kalau ingin bekerja di indomaret terutama di tokonya.
    Untuk yang udah ada pengalam kerja toko malah makin bagus, untuk training di indomaret wajib menggunakan pakaian hitam putim. Bahkan bisa jadi nilai plus jika pergi ke cabangnya dan menggunakan pakaian hitam putih untuk melamar kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngelamar ke indomaret pake skl bisa gak ya?? Soalnya saya baru lulus dan ijazah belum keluar gimna bisa gak ya?

      Delete
    2. Kalo ngelamar ke indomaret pake skl bisa gak ya?? Soalnya saya baru lulus dan ijazah belum keluar gimna bisa gak ya?

      Delete
    3. Bila pengalaman kerja nya bukan di toko tapi di bidang cleaning service .

      Dan umur saya sudah 27 th.
      Apakah masih bisa atu ada kesempatan,peluang

      Minta respon ibnu

      Delete
  24. Aku udah lulus tes. Tinggal trening. Klo boleh tau treningnya ngapain ya broo?

    ReplyDelete
  25. kak aku udh diterima di idm, aku suruh nunggu panggilan training. aku udah ada 1 bulan nunggu. aku juga udah dikasih kertas buat persiapan training. Kira2 max brp lma nunggu pnggilan

    ReplyDelete
  26. kak aku udh diterima di idm, aku suruh nunggu panggilan training. aku udah ada 1 bulan nunggu. aku juga udah dikasih kertas buat persiapan training. Kira2 max brp lma nunggu pnggilan

    ReplyDelete
  27. Bang, ane mau ikut test minggu depan, tapi ane punya tato kecil di tubuh tertutup baju. Itu kira kira bisa lolos gk ???

    ReplyDelete
  28. Bang, ane mau ikut test minggu depan, tapi ane punya tato kecil di tubuh tertutup baju. Itu kira kira bisa lolos gk ???

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Biasanya Ketika di tes gak ada perintah sampai suruh buka baju, tp calon krywan tdk d prkenankn bertato atau mewarnai rambut, dan kalau di tanya punya tato atau tidak? Ya anda pahamlah harus jawab gimana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan tanya sy berenti di sebelum kontrak pas lagi training,sy mau melamar kerja lagi bis gk gan?

      Delete
  31. gan, maaf agak panjang, klo kerja di indomaret di posisi helper sambil kuliah bisa ndak y?
    apa bagian gudang ad shift shiftnya juga?
    kalau misalkan saya ngelamar bagian helper indomaret lewat online penempatan denpasar, apa mungkin penempatan kerja sesuai domisili atau saya berdomisili di denpasar bisa ditempatkan di gianyar, badung atau mungkin luar Bali?
    Ini kalau agan tau y hehehe, biasanya helper indomaret jam kerjanya mulai dari pagi, siang/ malem?
    tolong jelasin gan sebisanya hehehe, maklum anak kuliahan, baru pertama nyari kerja

    ReplyDelete
  32. Untuk posisi IC syarat nya bagaimana dan berapa minimum saleries pada training bulan pertama...thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro kalo ktp ane masih ktp biasa bisa gak ya

      Delete
  33. Broo mau nanya,gw baru mau UN, tapi gw gak ngerti cara ngelamar nya gmna? Caranya gmna aja sih? Dan gw harus pergi ke cabang nya apa ke alfamart nya langsung? Dan cabang nya dmna aja? Tolong donkk balesss baruu mau kerja nihhh

    ReplyDelete
  34. Maaf ya! untuk yang masih bertanya cara melamar di indomaret. Sekali lagi ini bahas indomaret bukan alfamart atau toko lainnya. Tolong artikelnya di baca ya mas/mbak, jangan langsung tulis komen. Saya rasa jelas kok di atas. Kecuali jika yang anda tanyakan tidak tercantumkan di atas. Terimakasih ☺😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan kalo mis ad tanda lahir d tangan kiri boleh gak?

      Delete
  35. Gan mau tanya kalo mau ngelamar kerja di indomaret ada syarat maksimum anggota keluarga nggak?

    ReplyDelete
  36. @Fakih gak ada mas, aman-aman aja..

    ReplyDelete
  37. Gan mau tanya kalau tingginya kurang bisa keterima gak ya???

    ReplyDelete
  38. @Asep Hidayat. kemungkinan diterima ada. Tapi tipis, tergantung team penilai dan indomaret yang ada di Kotamu sedang butuh karyawan banyak atau tidak.

    ReplyDelete
  39. Kalau tinggi 145 gimana :'(

    ReplyDelete
  40. Gan mau tanya kalau baru training di indomart boleh gak izin nkh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak boleh dong! Keburu amat.😅😆 kalau sudah jadi pegawai tetap, baru bisa.

      Delete
  41. Gan kalo tinggi 154 keterima gak ya.. nd BB ku gak proporsional (gemuk) apa bisa???

    ReplyDelete
  42. Gan kalo tinggi 154 keterima gak ya.. nd BB ku gak proporsional (gemuk) apa bisa???

    ReplyDelete
  43. Ka ibnu, jadi sebenernya kerja di indomaret bisa sambil kuliah atau engga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, soalnya sistem kerjanya shif-shif-an.

      Delete
    2. Ka ibnu sy mau tanya,sy dulu training di idm trus berenti sebelum kontrak trus sy mau melamar lagi bisa gk ?

      Delete
  44. Gan kalo saya belum 18 tahun mau daftar bisa enggj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Asal semua persyaratan surat-surat dan tes kesehatan kmu bagus.

      Delete
  45. Kak kira kira ijazah di tahan tidak di indomaret bisa memakai SKL tidak?

    ReplyDelete
  46. Mas apakah nilai ijazah berpengaruh klau kta melamar?

    ReplyDelete
  47. Mantan pegawai idm boleh ngelamar lagi gk 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha😂
      Aku yakin kamu sudah tahu jawabannya.

      Delete
  48. Pramuniaga 155cm busa ngga ???

    ReplyDelete
  49. Pramuniaga 155cm bisa ngk?

    ReplyDelete
  50. klo pake ktp sementara dari sipil bisa ga ?

    ReplyDelete
  51. Pakai Surat keterangan lulus boleh ngga ngelamar kerja di indomaret soalnya baru lulus? Dan klo badan gemuk bisa ngga, klo tinggi sih lebih dari cukup..

    ReplyDelete
  52. mau tanya kalo mata minius boleh ga?

    ReplyDelete
  53. Mau tanya kalo sudah menikah bisa gak yah. Terus dulu 3 tahun yang lalu juga udah pernah kerja. Itu masih bisa masuk lagi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya, hal seperti itu sudah tidak bisa lagi di terima oleh pihak perusahaan.

      Delete
  54. Kalo gigi saya kurang rata boleh ga?

    ReplyDelete
  55. Kalo gigi saya kurang rata boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung tim penilainya sih. Kalau di Bali masalah seperti itu masih bisa masuk. Kalau kamu kota mana?

      Delete
    2. Kalau dijawatimur kira"ditrima ndak kak

      Delete
  56. maaf ka saya mau nanya kontraknya itu diindomaret berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Normalnya 1,5 tahun, kalau ada tambahan bisa smpai 2 th.

      Delete
  57. Kak maaf mau nanya ya, abis bingung tanya kemana lagi, kalo pernah kerja di indomaret 2tahun yg lalu, trus mau melamar lagi di indomaret dengan cabang yg berbeda kira2 bisa gak ya? Data di cabang yg dulu masuk gak ke cabang yg berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa, tapi tidak aman. Kalau sewaktu-waktu data kita ketemu, bisa langsung di keluarkan.

      Delete
  58. Kak fotonya pake baju apa dan berapa ukurannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju rapi (foto ktp) ukrn 3x4 2x3 dan 4x6 semua di butuhkn

      Delete
  59. Mau tanya kira2 itu nanti test nya bagaimana ya? Masih kurang paham juga nanti mau ngelamar datang ke cabang maksudnya toko-tokonya gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes fisik dan tes tulis. Lamaran bisa di kirim langsung ke cabangnya (lebih cepat di tangani) atau bisa juga lewat toko. Caranya tinggal nanya siapa kpl tokonya/pemegang shift, titipkan kedia.

      Delete
  60. Saya ragu² gan, umur saya oktober nnti 24, sdangkan umur max 23, apa bisa masuk ya?
    Baca² di internet tntang pngalaman yg udh nglamar, umur 23 lbih 2 bulan aja udah tereliminasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan diterima ada, to tipis. Kalau untuk driver dan krywn gudang masih bisa, (maks 34 th). Pembahsan saya hanya di bagian toko, untuk driver/k.gudang sy tdk mengrti banyak.

      Delete
  61. Kalo berat badan di permasalahkan apa tidak mas

    ReplyDelete
  62. Cewe saya liat yg pendek juga ada emang mesti 155 y ???

    ReplyDelete
  63. Maaf kak mau tanya,
    Surat" yg d lampirkan meliputi apa saja ya ?

    ReplyDelete
  64. Kak mau tanya kalo kerja di Indomaret tp minta offnya sabtu terus bisa ga soalnya kuliah sabtu.

    ReplyDelete
  65. Kak mau tanya kalo kerja di Indomaret tp minta offnya sabtu terus bisa ga soalnya kuliah sabtu.

    ReplyDelete
  66. Maaf kak ibnu .nanya yaa.
    Kalo kita ngelamar di indomaret itu bisa pake ktp sementara ngga yaa?

    ReplyDelete
  67. Saya tadi melihat Lowongan di Idm Khususnya Daerah Bali, situ tertulis Ijazah asli kok ditahan ya kalau sudah ketrima?

    ReplyDelete
  68. Kang saya mau melamar ke indomaret saya punya pengalaman helper di allpamat kira2 di terima ngga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bang,, sy juga niat, kira2 bisa gk ya ??

      Delete
  69. Ka mau tanya... kalo mata minus bisa lolos gg ya ??

    ReplyDelete
  70. Ka mau tanya... kalo mata minus bisa lolos gg ya ??

    ReplyDelete
  71. Ka mau nanya kalo udah intrvw terus itu bisa langsung trning ato nunggu ya?

    ReplyDelete
  72. Bang Ibnu, kalo mau lamar tapi ijazah SMP bisa ngga?

    ReplyDelete
  73. Maaf boss numpang tanya ..
    Klo sekiranya kita melampirkn surat pengalmn kerja dri alfa mart di terima atau tidak ya ..??

    ReplyDelete
  74. Kalau umurnya diatas 24tahun diterima apa tidak ya

    ReplyDelete
  75. Gan sya pngalman d alfamidi jbatan trkhir MD kira2 bisa ga ya klo sesama retail

    ReplyDelete
  76. Gue 160cm nih bisa ga ya pas tes fisik?ntr suruh pulang lgi

    ReplyDelete
  77. Maaf kang Ibnu saya mau nanya kalau misalkan Saya sudah pernah ngelamar ke Idm bandung tapi gagal di interview, dan rencana Saya mau ngelamar ke Cabang idm lain kira kira bisa ga ya?

    ReplyDelete
  78. Umur saya baru 17tahun apa bisa yahhh?

    ReplyDelete
  79. Saya usia 26 tahun tinggi badan 172cm bisa masuk gak ya di PT Indomarco.belum menikah

    ReplyDelete
  80. Kalo eks idm mau ngelamar lagi bisa ga ya

    ReplyDelete
  81. Minimal kerja d indomart umur berapa y

    ReplyDelete
  82. Minimal melamar kerja d indomart umur berapa y

    ReplyDelete
  83. Jadi kasir bisa ambil kuliah ga?

    ReplyDelete
  84. Bang saya umur 26 kalau di bagian gudang indomaret bisa ke terima gak ya dan batas umur nya berapa kalau bagian pergudangan , mohon pencerahannya terima kasih wassalam

    ReplyDelete
  85. Bang saya umur 26 kalau di bagian gudang indomaret bisa ke terima gak ya dan batas umur nya berapa kalau bagian pergudangan , mohon pencerahannya terima kasih wassalam

    ReplyDelete
  86. Bang, ane mau tanya nih ya..
    Kalo semisal kita nih udah kerja di Indomaret terus sebelum kontrak kerja selesai kita keluar. Apa kita bisa masuk lagi bang? Tolong jawab yaa..

    ReplyDelete
  87. Kak kalo pake kacamata tidak bisa apa ngelamar di indomaret

    ReplyDelete
  88. Bang kalo umur saya msih 17tahun diterima gk?

    ReplyDelete
  89. Kalo tinggi cuma 148 bisa gak kk?

    ReplyDelete
  90. Klo umur 25 masih bisa gg yaa?? Buat temen sya

    ReplyDelete
  91. Indomaret butuhnya yang penampilan oke² klo yang jelek 90% susah dahh untuk diterima

    ReplyDelete
  92. Kalau mau masuk test atau sebagainya,berkacamata di perbolehkan kerja tidak gan?

    ReplyDelete
  93. Kalau mau masuk test atau sebagainya,berkacamata di perbolehkan kerja tidak gan?

    ReplyDelete
  94. Kalo tinggi badan kurang dari kriteria nya boleh gak? atau masih bisa keterima?

    ReplyDelete
  95. @mas ibnu saya boleh tanya ga ,,?

    ReplyDelete
  96. @mas ibnu saya boleh tanya ga ,,?

    ReplyDelete
  97. Kenapa gak bisa kalau udah nikah??

    ReplyDelete
  98. Saya besok tanggal 22 dapat panggilan training di indomaret sidoarjo tinggi badan saya 150 dan BB 53 kok bisa ya

    ReplyDelete
  99. Klo kerja boleh pakai rok dan jilbab menutup dada ga?

    ReplyDelete
  100. apa bisa kerja di indomarco pas ijazah belum keluar?

    ReplyDelete
  101. Kalo sudah umur 25 bisa ga ya masuk ke indomaret dan sudah pernah bekerja di alfamart selama 6 tahun

    ReplyDelete
  102. Kalo sudah umur 25 dan ada pengalaman kerja dialfamart selama 6 tahun bisa ga ya

    ReplyDelete
  103. Kira kira bisa gk kalo ngelamar ke idm trus punya pengalaman di alfamart ??yg tau plis blz

    ReplyDelete
  104. Kak sy mau nanya sy dulu keterima di indomart trus udah training juga tapi resign sebelum kontrak dengan catatan(tidak lulus)sy mau ngelamar lagi kira2 keterima gk ya?

    ReplyDelete
  105. Kalo punya mata minus sama ijazah nya belum turun baru ada surat kelulusannya doang bisa ga jadi kasir?

    ReplyDelete
  106. Klo masih 17 tahun bisa. Ga?

    ReplyDelete
  107. Ia nih bang.tolong rrsponya kalau umur 17 tahun bisa tidak diterima???

    ReplyDelete
  108. Ia nih kalau umur 17 sudah bisa masuk kah bang?

    ReplyDelete
  109. Maaf kak mau tnya klok ngelamar di indomaret dengan bb 60 keatas dn tinggi bdan 160 buat cwek bisa tidak

    ReplyDelete
  110. Kak mau tanya, tinggi badan ku 148 kira" nglamar kerja di Indomaret masih ada peluang ketrima kah? Bingung mau kemana lagi karena kriteria tinggi badan tak sesuai terus :( berkali" gagal hanya karena tinggi badan .. Mohon dijawab jika adaa info saran lain juga,terimakah :)

    ReplyDelete
  111. Mau tanya gan kalo berat badan 70 bisa keterima ga ya

    ReplyDelete
  112. kalo udah risen di indomaret terus mau masuk lagi kemungkinan bisa gak ya?

    ReplyDelete
  113. kak mau tanya kalau gigi ompong, pas test fisik pakai gigi palsu bagaimana ya? apakah bisa atau gugur?..
    terima kasih

    ReplyDelete
  114. Sdh hampir 7 tahun ijazah asli istri blm di ambil, nah dimana tmp nya untuk ambil ijazah yg wilayah Lampung.

    ReplyDelete
  115. Sdh hampir 7 tahun ijazah asli istri blm di ambil, nah dimana tmp nya untuk ambil ijazah yg wilayah Lampung.

    ReplyDelete
  116. Mas mau nanya, aku kan udah tes sama interview, trs udah isi biodata jg, trs suruh nunggu panggilan training, temenku ada yg udah dipanggil, tapi aku belum, kira2 aku diterima apa gimana yaaa

    ReplyDelete
  117. Admin,saya mau nanya boleh TDK ya masuk indomart TDK pakai ijasah asli,karena ijasahnya kebanjiran jd rusak . Saya lngsg bikin surat keterangan dr polisi? Bagaimana admin tlg info nya🙏

    ReplyDelete
  118. Klo BB berpengaruh ngk kak?

    ReplyDelete
  119. Mau tanya tinggi badan 149 bisa ga ya?

    ReplyDelete